KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA

1. Pengertian
Automotive Multimedia Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C adalah suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi.  The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini  yang pendiri Daimler Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.   Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan.

2. Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihan :
  • Memberikan kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan dengan penggunaan media, komputer dan perangkat telekomunikasi.
  • Meningkatkan keamanan dengan system airbag dan system kunci pintu.
  • Membantu pengendara dalam melihat situasi jalan dan dalam mencari jalan alternativ dengan system navigasi.
  • Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

Kekurangan :
  • Biaya yang relatif mahal
  • Kurangnya pengetahuan tentang perangkat justru akan sangat membingungkan pengguna
  • Terlalu banyak perangkat multimedia akan mengganggu konsentrasi dari pengendara
3. Saran
Penggunaan perangkat multimedia dalam kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan harus sesuai dengan standarisasi terutama yang menyangkut faktor keamanan, karena jika tidak justru akan menjadi boomerang dan sangat membahayakan bagi pengguna dan orang lain.

4. Referensi




Leave a Reply